9.8.16

Jokowi Akan Pakai Ulos Ragidup Sirara

TobaTimes-Presiden Jokowi beserta Ibu Negara Iriana Widodo akan hadir dalam Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba yang akan diselenggarakan di Balige, Kabupten Toba Samosir, Sumatera Utara, Minggu 21 Agustus 2016 mendatang. Jay Wijayanto, Koordinator Pelaksana Karnaval menjelaskan bahwa karnaval ini akan menggunakan jalur sepanjang 3,5 km dari Soposurung hingga Simpang Sibulele.


"Presiden Jokowi beserta Ibu Riana akan berpartisipasi dalam karnaval ini dengan mengenakan ulos Ragidup Sirara dan Ibu Negara mengenakan ulos bermotif Tum-Tum yang dipersiapkan oleh perancang mode Edward Hutabarat," kata Jay kepada wartawan.

Jay menjelaskan bahwa sebanyak 26 provinsi dan 26 kabupaten dan Kotamadya di Provinsi Sumatera Utara dan 7 kabupaten di kawasan danau Toba telah memastikan keikutsertaannya. "Provinsi lain masih ditunggu sampai minggu depan untuk melakukan konfirmasi," ujarnya.

Gaung "Danau Toba" akan semakin meluas lewat acara Karnaval Kemerdekaan Pesona Toba 2016 yang diselenggarakan pada 20-21 Agustus 2016.

Acara yang mengangkat salah satu dari 10 Top Destinasi Pariwisata Nasional ini akan menghadirkan pertunjukan seni budaya di tengah-tengah wisata alam, geopark dan kawasan wisata water sport Danau Toba.

Dua lokasi berpanorama indah yang sudah disiapkan sebagai titik penyelenggaraan karnaval, yaitu Balige di Kabupaten Tobasa dan Parapat di Simalungun. Balige tidak kalah indah dengan Ubud di Bali.

Pemandangan yang ditawarkan berupa sawah menghijau yang subur dan menyejukkan mata. Sementara itu, Parapat terkenal akan keramahan penduduknya serta budaya lokalnya yang cukup menarik. Presiden Jokowi terus menyorot Danau Toba sebagai salah satu destinasi prioritas.

Terkait dengan penyelenggaraan Karnaval Kemerdekaan Pesona Toba 2016, sebelumnya pada 17 Agustus, Danau Toba juga ditunjuk oleh Jokowi menjadi pusat perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-71.

Menurut Raseno Arya, Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Personal Kemenpar, penempatan panggung direncanakan menyatu dengan alam.

Akan dibuat panggung terapung berukuran raksasa yang didirikan di perairan Danau Toba, persisnya di Pantai Bebas Parapat.

Panggung yang memiliki panjang 24 meter, lebar 12 meter dan tinggi 6 meter itu akan disebut-sebut sebagai panggung terapung pertama terbesar di Danau Toba.

Grup musik Slank, Sammy Simorangkir serta artis-artis ibukota lainnya akan mengisi kemeriahan panggung tersebut. (Sumber: tribunnews.com)

0 comments:

Post a Comment