5.8.16

Ulos Batak akan Didaftarkan ke UNESCO

TobaTimes-Para tokoh adat batak kunjungi Redaksi Kompas Gramedia jalan K.H Wahid Hasyim No 37 Medan, Kamis 4 Agustus 2016.


Dalam kunjungannya, para tokoh adat batak berdiskusi mengenai rencana mendaftarkan ulos sebagai warisan dunia ke UNESCO.

Terlihat diantara tokoh yang hadir yakni anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Sumatera Utara Parlindungan Purba, Mantan Sekretaris Daerah Sumatera Utara RE Nainggolan dan Direktur Pascasarjana USU Prof Robert Sibarani dan tokoh Batak lainnya.

Dalam diskusi ini, Parlindungan Purba mengatakan mendukung pendaftaran ulos ke UNESCO. Ia juga menyebutkan pernah berbicara dengan pimpinan DPD mengenai keunikan ulos.

"Saya senang kalau ulos didaftarkan menjadi warisan dunia ke UNESCO. Apalagi jika terpilih, dunia akan mengenal ulos. Saya sudah berbicara dengan pak Irman Gusman, dan akan segera dilanjutkan," Kata Parlindungan Purba.

Tidak ketinggalan, RE Nainggolan juga terlihat antusias dengan rencana pendaftaran ulos ke UNESCO. Ia meminta masyarakat batak untuk bersatu.

"Pasti bisa. Ke depan kita harus bersatu. Masyarakat batak punya beragam perspektif, ini yang barus disatukan terlebih dahulu. Kita harus menerima pikiran dan mengembangkanya. UNESCO tidak akan menerima ulos kalau kita belum bersatu. Ini awal gerakan yang bagus," sebut RE Nainggolan.

Sedangkan Robert Sibarani memberikan saran untuk segera melaksanakan musyawarah besar. Ia menyebutkan musyawarah ini bertujuan menyatukan perspektif masyarakat batak mengenai ulos.

"Kita perlu kongres Kebudayaan Batak. Kedepannya bukan sekedar melestarikan atau melindungi ulos tapi harus mengembangkan. Berikutnya kita kaji pemanfaatannya," pungkas Robert. (sumber: tribunnews.com)

0 comments:

Post a Comment