23.9.17

Merinding Lihatnya, Landasan Bandara Hang Nadim Batam Amblas


TobaTimes - Sejak Jumat (22/9/17) sore, beredar foto landasan pacu Bandara Internasional Hang Nadim Batam sedang amblas. Merinding menyaksikan foto tersebut apalagi membayangkan bahayanya.

Bandara Hang Nadim Batam amblas.
Foto tersebut menyebar dari group Whatsapp (WA) satu ke group lainnya. Namun tanpa penjelasan detail dan rinci dari foto tersebut, hanya tertulis “Kondisi landasan pacu Banda Hang Nadim Batam, hati-hati bagi yang ingin ke Batam”.

Manager Operasinal Badan Usaha Bandar Udara (Bubu) Hang Nadim, Batam Kepulauan Riau, Suwarso kemudian angkat bicara tentang amblasnya aspal di seputaran run way atau landasan pacu bandara internasional yang dipimpinnya, Jumat (22/9/17) malam.

Menurutnya, aspal yang amblas itu bukan pada landasan pacu yang biasa digunakan untuk take off atau landing pesawat, melainkan pada corrugated paralel taxiwau dekat taxiway bravo. “Terjadi pada 9 Agustus lalu, sekitar jam 1 siang,” uangkapnya melalui pesan WA seperti dilansir batamclick.com.

Suarso juga mengaku bingung dengan kondisi amblasnya aspal selebar 12 X 5 meter dan dalam sekitar 2 meter tersebut.

“Kami sudah melakukan koordinasi dengan airnav, dan sudah membuat mitigasi untuk memperkecil resiko meluasnya kerusakan yang terjadi dengan membuat aliran sedalam 6 meter berbentuk huruf V,” sambungnya.

Untuk mengetahui penyebab amblasnya aspal tersebut, Suwarso mengatakan pihaknya telah memlngirimkan sample tanah ke laboraturium untuk diteliti.

“Saat ini sedang menunggu hasil laboratorium atas penyelidikan tanah untuk menjadi pedoman penyusunan pedoman teknis, KAK, RAB dan gambar teknis sebagai acuan pelelangan,” sebutnya.

Kendati rusak berat, namun Suwarso mengatakan secara umum operasi pendaratan dan take-off berjalan normal. “Mobilitas pesawat tak terganggu, penerbangan normal seperti biasa,” katanya. (sumber: batamclick.com)

0 comments:

Post a Comment