21.9.17

Pejabat Tobasa Mengundurkan Diri dari Jabatan, Ada Apa?


TobaTimes - Beberapa waktu lalu, mantan Plt Sekda Tobasa Drs Arifin Silaen mengundurkan diri dari jabatannya. Kini giliran Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) dr Frida Sinaga yang mengundurkan diri dari jabatannya.

Kadinkes Tobasa Frida.
Pengunduran diri Kadinkes ini menjadi topik penting karena saat ini sedang berlangsung akreditasi Puskesmas di Tobasa. Beredar isu di kalangan masyarakat bahwa penggunduran diri Kadinkes itu terkait dengan mutasi sejumlah dokter di Puskesmas tanpa sepengetahuan kadis.

Anggota DPRD Tobasa Drs Sahala Tampubolon berpendapat, pengunduran diri Kadinkes bisa saja terkait dengan isu tersebut. "Isu yang kita dengar, pengunduran diri dr Frida karena adanya mutasi beberapa dokter tanpa sepengetahuannya. Padahal saat ini sedang berlangsung akreditasi Puskesmas di Tobasa," ujarnya kepada wartawan di Balige.

Sebelumnya, terkait pengunduran diri Plt, disebutkan alasannya karena sakit. Tapi sesungguhnya ada alasan lain di balik pengunduran diri Plt Sekda, yaitu terkait ketidaknyamanan menjalankan tugas-tugas dalam jabatan itu.

"Sebelum sakit, mantan Plt Sekda juga dulu pernah mengundurkan diri tapi tidak di-acc bupati. Lantas ketika Kadinkes mengundurkan diri, langsung di-acc Bupati," katanya.

Plt Sekda Tobasa Drs Harapan Napitupulu membenarkan pengunduran diri dr Frida dari jabatannya. Pengunduran diri itu melalui surat permohonan yang disampaikan kepada Bupati Tobasa tanggal 18 September. "Alasan pengunduran diri beliau karena sakit, dan perlu waktu dalam masa pengobatan," jelasnya.

Menanggapi pengunduran diri Frida itu, Bupati Tobasa Ir Darwin Siagian mengeluarkan Surat Perintah Bupati Nomor: 800/2936/MP-P/BKD/2019 tertanggal 20 September yang isinya memerintahkan dr Rajaipan Ompa Tua Sinirat MKes sebagai pelaksana tugas Kadinkes terhitung tanggal 20 September.

Terkait isu lain pengunduran diri dr Frida, Harapan mengatakan hal itu tidak benar. "Dalam surat yang disampaikan, alasannya jelas sakit dan butuh waktu pengobatan," katanya lagi menegaskan.

Sebelumnya, tepatnya pada Juli 2016, Kepala Dinas Kehutanan Tobasa Alden Napitupulu juga mengundurkan, juga karena alasan kesehatan. (berbagai sumber/int)

0 comments:

Post a Comment