2.10.16

Ini Ciri-ciri Gejala Gagal Jantung yang Perlu Diketahui


TobaTimes, Medan - Lebih dari 100 warga tampak antusias memeriksakan diri pada kegiatan pemeriksaan EKG gratis memperingati World Atrial Fibrillation Day, kerjasama RS USU-Perki dan Departemen Kardiologi dan Kedokteran Vaskular Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara, Jumat (29/7) lalu.
Ilustrasi.
Kondisi itu menunjukkan bahwa warga makin peduli arti pentingnya kesehatan jantung. Warga yang mendaftar pada kegiatan itu mencapai 120 orang, dari target awal 100 orang.

Salah seorang warga asal Jalan Pintu Air, Padangbulan, Medan Johor, Agustono, dia mengetahui kegiatan dari pemberitaan di beberapa media. Bersama rekannya, Agustono datang untuk ikut kegiatan dimaksud. Baik Agustono maupun rekannya berharap kegiatan sosial seperti ini terus dilaksanakan pihak RS USU.‬

Hal yang sama juga disampaikan Cut Faziletni, warga di kawasan Jalan Gajah Mada Medan. Memeriksakan kesehatan khususnya jantung dapat mendeteksi kemungkinan adanya penyakit jantung.

Dia menyampaikan terima kasih atas kepedulian pihak RS USU dan penyelenggara kegiatan lainnya yang sudah menyelenggarakan kegiatan dimaksud.‬

‪Direktur Utama RS USU Dr Azwan Hakmi Lubis, SpA MKes didampingi Prof dr Abdullah Afif Siregar SpA(K) SpJp(K), unsur panitia, dr Yolandi Sumadio dan Humas Muhammad Zeinizen, mengatakan, kegiatan dimaksud untuk lebih mengingatkan kepada masyarakat awam tentang bahaya gagal jantung hingga penyakit stroke.

Sementara, Prof dr Abdullah Afif Siregar menyebutkan, gagal jantung terjadi akibat gangguan pada serambi jantung sehingga hanya bergetar secara tidak teratur. Hal ini menyebabkan darah terkumpul di serambi jantung dan membentuk bekuan darah.

Lalu, bekuan darah yang mengalir di pembuluh darah membentuk sumbatan hingga berujung pada stroke.

Kemudian, gangguan pompa jantung yakni ketidakmampuan jantung memenuhi kebutuhan aliran darah ke seluruh tubuh hingga menyebabkan gagal jantung.

“Gejala penyakit tersebut diawali dengan sesak napas dan mudah lelah. Selain itu, jantung berdebar tidak teratur, nyeri dada seperti tertekan beban berat, pusing berputar hingga pingsan, dan sering buang air kecil‬,” sebutnya.

Untuk itu, apa yang perlu dilakukan yaitu rutin memeriksakan kesehatan jantung. Hindari faktor risiko dengan gaya hidup sehat, jangan takut dan panik, segera temui dokter untuk berkonsultasi. (TT/int)

0 comments:

Post a Comment