2.10.17

Terharu, Lampu Teplok Membuatnya Bercita-cita jadi Presiden


TobaTimes - Sebuah dusun bernama Toba Holbung, Desa Siregar Aek Nalas, Kecamatan Uluan, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) kini belum dialiri listrik. Setiap malam, desa itu diselimuti kegelapan.

Belajar dengan lampu teplok.
Selain itu, jalan menuju dusun itu juga rusak parah, sulit dilalui. Tersebutlah seorang anak Martahan Butar-butar (9), siswa Kelas 3 SD Negeri Marom, mengau sulit mengenyam pendidikan di kampung merkeka. Selain sulit belajar malam hari, jarak yang yang ditempuh ke sekolah juga sangat jauh.

"Bila kumpul teman-teman di sekolah, mereka cerita film anak-anak (kartun, red) yang mereka tonton di rumah masing-masing. Saya menikmati ceritanya walaupun sebatas cerita," katanya.

"Saya ingin seperti mereka bisa belajar dan nonton film agar tidak hanya dengar cerita," katanya lagi.

Saking sedihnya belajar tiap malam dengan lampu tepplok, Martahan mengaku bercita-cita ingin jadi presiden, supaya bisa membangun listrik di pelosok dan memperbaiki jalan.

Rical Sirait (27), warga lain, mengatakan bahwa mereka sangat berharap dapat menikmati listrik. Ada 15 rumah tangga dan berpenduduk sekitar 70 jiwa yang membutuhkan penerangan listrik.

"Selama ini kami belum bisa menikmati arti daripada kemerdekaan. Kami memohon supaya pemerintah pusat maupun daerah segera mendengar jeritan kami," harap Rical. (sumber: newtapanuli)

0 comments:

Post a Comment