15.10.16

Harga Getah Rp7 Ribu per Kg, Tak Memadai Bagi Petani


Petani menimbang getah karet sebelum dijual.
TobaTimes, Paluta - Harga getah karet di wilayah Kabupaten Paluta masih bertahan di angka Rp7 ribu per kilogram. Hal ini tentunya belum memadai sesuai harapan petani.

Nikmat Siregar (26) petani karet yang berasal dari Kecamatan Padang Bolak mengatakan, harga getah karet yang sebelumnya berada di kisaran Rp6.500 per kilogram untuk minggu ini mengalami sedikit peningkatan menjadi Rp7 ribu per kilogram.

Namun, kenaikan harga menurutnya belum memenuhi keinginan petani yang merasa resah dengan kondisi harga karet di tengah situasi harga bahan pokok yang melambung tinggi.

“Minggu ini harganya memang naik sedikit, tapi masih terlalu jauh dari harapan. Apalagi harga bahan pokok sudah cukup tinggi,” ujarnya, Sabtu (15/10).

Harga getah masih jauh di bawah harapan petani. Hal itu dinilai belum seimbang dibandingkan kebutuhan masyarakat saat ini.

Senada disampaikan Indra (35) petani karet asal Paranginan, Kecamatan Padang Bolak. Ia menambahkan, harga getah belum memenuhi standar dibandingkan dengan harga buah kelapa sawit yang kini sudah mulai membaik dengan harga Rp1.500 per kilogram.

“Harga buah kelapa sawit sudah membaik, harga getah karet kenapa masig bertahan di harga Rp7 ribu per kg,” sebutnya.

Harga getah yang dinilai masih rendah cukup meresahkan masyarakat yang sebagian besar adalah petani karet. (TT/int)

0 comments:

Post a Comment